-->

TCP/IP Protocol Suite

TCP/IP Protocol Suite mungkin anda sudah sering mengdengar atau bahkan melihat dari situs pencarian, dan mungkin anda juga bertanya kenapa di sebut sebagai protokol suit?... Jika anda bertanya atau ada yang bertanya seperti itu tentu saja jawab nya karena TPC/IP Protocol Suite terdapat beberapa protokol di dalamnya. Kenapa terdapat banyak protokol? Karena semua itu di karenakan bahwa protokol tidak bisa bekerja secara individual jadi selalu membutuhkan bantuan dari protokol lainnya sama saja seperti kita yang selalu membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekitar kita hehehe. Langsung saja untuk mempermudah pemahaman anda bisa di lihat gambar TCP/IP Protocol Suite di bawah ini.







TCP/IP itu sendiri utuk struktur modelnya dia mengacu pada model DoD (Department of Defense) yang berjumlah 4 layer bukan model OSI yang 7 layer itu. Sebenarnya Model OSI dan DoD sama saja cuma bedanya kalo di model DoD terjadi penggabungan di beberapa layer, maka dari itu Model DoD memiliki Layer lebih sedikit. Utuk lebih mudah gambarnya seperti di bawah ini.






Jadi ininya : TCP/IP Protokol Suite merupakan sekumpulan protokol yang mengatur proses pengiriman data dari Pengirim sampai Penerima dalam suatu jaringan.

Iklan adsense